Subscribe

Sunday, November 16, 2008

Prosesor terbaru dari Intel


Ternyata Intel corp benar-benar perusahaan microchip terbesar di dunia. Belum lama ini
Intel corp telah me-launching produk nya yang terbaru, yaitu prosesor baru yang bernama "Penryn". Prosesor ini di rancang untuk komputer server dan PC berkinerja sangat tinggi. Menurut intel, Penryn merupakan prosesor berteknologi 45nm (nanometer) yang memiliki kecepatan 15% lebih bagus dari prosesor berteknologi 65nm.

Jika pada proses chip berteknologi 65nm Intel "hanya" mampu menanam 582 juta transistor, maka dengan teknologi yang baru ini Intel berhasil menanamkan 820 juta transistor pada keping chip prosesor yang sama.

Intel juga mengatakan bahwa prosesor terbaru tersebut tidak hanya semakin cepat, tetapi juga semakin hemat daya serta penambahan meterial baru dapat mencegah kebocoran listrik pada transistor.

Selanjutnya, Intel telah menanamkan investasi sebesar USD 8 M untuk membangun pabrik baru berteknologi 45nm serta meng-upgrade pabriknya yang lama sehingga mampu menjalankan proses manufaktur chip 45nm. Prosesor tersebut telah di keluarkan sejak awal tahun 2008, yang di beri nama merk Xeon dan Core 2 Extreme.

1 comments:

Ridhwansyah said...

Artikel yang bagus, nanam ratusan juta transisitor itu kayak nanam padi ga ya? Beli ah takut kehabisan :)

Post a Comment

Please read and comment useful to me.
Thank you for visiting, and happy surfing ..